UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Kuliah Umum “Pengembangan Pendidikan Tinggi di Indonesia” Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali
  28 December 2016 - Dibaca 418 kali
  Oleh Administrator

     Institut Ilmu Kesehtan (IIK) Medika Persada Bali menggelar kuliah umum dengan tema “Pengembangan Pendidikan Tinggi” di Inna Bali Hotel Denpasar, Selasa (27/12) kemarin. Materi kuliah umum dipaparkan oleh anggota Komisi X DPR-RI Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. dan dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VIII Bali-Nusra Prof. I Nengah Dasi Astawa, M.Si., Rektor IIK Medika Persada Bali Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp. PD.(KHOM), Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHA CHT beserta pengurus dan seluruh civitas akademika IIK Medika Persada Bali.

     Untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia, Wayan Koster mengatakan “harus dimulai dari peningkatan SDM (tenaga pengajar), infrastruktur dan regulasi yang jelas”. Mengawali karier menjadi DPR-RI sejak 2004 silam hingga saat ini (tiga periode) di komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pihaknya telah melakukan berbagai terobosan untuk kemajuan perkembangan pendidikan di Tanah Air. Untuk meningkatkan pengembangan kualitas di perguruan tinggi, pihaknya juga mengharuskan dosen pengajar minimal bergelar Strata 2 (S2), bahkan S3. Apalagi, pemerintah telah menyediakan anggaran untuk para dosen yang ingin melanjutkan pendidikan diluar negeri dalam bentuk beasiswa, namun berbagai kendala bermunculan sehingga saat ini baru  75% saja  yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan berbagai alasan.  

     Oleh karena itu, pihaknya berharap IIK Medika Persada Bali kedepannya bisa mengembangkan tenaga pengajar baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Apalagi pemerintah sedang serius membangun program dibidang kesehatan. Oleh Sebab itu, pendidikan kesehatan dan infrastruktur menjadi tema dan prioritas utama bagi negara. “ Kami komisi  X DPR-RI telah membuatkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dengan satu regulasi. Kami akan membangun pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta dengan lebih selektif dan ketat. Maka semua harus bersinergi untuk membangun kualitas pendidikan yang lebih baik” terangnya.

     Sementara itu, Prof. Dr. dr. I Made bakta, Sp.PD (KHOM) merasa bersyukur kampusnya bisa mendapatkan materi kuliah umum dari Wayan Koster yang mempunyai peran penting atas berdirinya kampus IIK Medika Persada Bali. Selain itu materi yang disampaikan juga sangat penting untuk kemajuan dan pengembangan pendidikan di IIK Medika Persada Bali kedepannya dalam menghadapi persaingan. “apa yang telah disampaikan oleh pak Koster semoga bisa menjadikan IIK Medika Persada Bali berkembang dan berbudaya ke depannya” tegasnya. (Red. Prisa J).