UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
WORKSHOP “ MOVE ON MINDSET ” BY HIMAFARMA IIK BALI
  20 February 2018 - Dibaca 204 kali
  Oleh Administrator

Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi Klinis kembai mengadakan suatu kegiatan yang manarik dan bermanfat bagi kita semua, yaitu dengan mengadakan Workshop Move on Mindset yang berlangsung pada tanggal 6 Februari 2017 dan berlangsung di Auditorium STPBI (Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional) yang bertempat di Jalan Tari Kecak no. 12 Gatot Subroto Timur, Tonja, Denpasar Utara. Adapun tema dari Workshop Move on Mindset ini adalah untuk meningkatkan kesadaran diri dari para peserta untuk memenangkan masa depan dan dapat melangsungkan hidup yang bahagia.

Workshop merupakan salah satu dari program pendidikan yang dapat dilakukan untuk mengajarkan atau mengenalkan suatu keterampilan, teknik, ataupun ide-ide yang dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan workshop itu sendiri dapat dilakukan dengan berbagai macam tujuan, seperti untuk mendengarkan suatu materi yang dipaparkan oleh pembicara, mendiskusikan berbagai topik, memperlajari; mengerjakan; memprktekkan dan mengevaluasi topik yang dibahas. Workshop Move on Mindset ini diadakan agar para peserta yang mengikuti workshop ini dapat lebih memahami diri sendiri dan juga diharapkan para peserta dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Workshop Move on Mindset ini memiliki beberapa tujuan dan manfaat yang dapat berguna bagi para pesertanya. Adapun tujuan dari workshop ini adalah unntuk membuka mindset para peserta workshop, menciptakan generasi muda yang sehat mental dan siap untuk mengejar masa depan dengan hal-hal yang positif, meningkatkan kreativitas dan mampu menjalankan suatu organisasi, menciptakan suatu kerja sama dan komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan tenaga pendidik. Manfaat yang didapatkan oleh para peserta workshop antara lain agar para peserta workshop bisa lebih memahami dan mengenal dirinya sendiri, dan dapat membentuk generasi muda yang kreatif; sehat jasmani dan rohani; dan siap untuk mengejar masa depan yang lebih cerah.

Narasumber yang didatangkan untuk workshop ini adalah seorang psikolog yang bernama Caecilia Nirlaksita, S.Psi, C.Ht, M.Si, Psikolog dan peseta workshop tidak hanya terdiri dari mahasiswa tetapi juga dosen-dosen dari program studi Farmasi Klinis Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali.

Sebelum memulai wowrkshop, acara diawali dengan pembacaan visi dan misi yang dilakukan oleh Bapak Putu Eka Arimbawa, S.Kes., M.Farm., Apt selaku Sekretaris Program Studi Farmasi Klinis dan dilanjutkan dengan dengan sambutan dari ketua panitia penyelenggara workshop. Sambutan yang diberikan oleh ketua panitia adalah dengan memaparkan tujuan penyelenggaraan workshop Move on Mindset dan harapan dari panitia agar peserta dapat mengambil poin-poin penting dari workshop. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor III Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dr. I Gusti Lanang Made Rudiarta, MHA. yang memberikan dukungannya agar workshop dapat berjalan lancar dan memberikan semangat kepada mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada dalam melakukan proses pembelajaran. Setelah penyambutan, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi dengan pemberian materi mengenai definisi diri sendiri, evaluasi diri dan kesadaran diri dan awareness. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi kedua diisi dengan pemberian terapi singkat oleh narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi kedua ini narasumber memberikan kami sebuah terapi singkat dan diiringi dengan musik yang sedih. Saat terapi dimulai, narasumber menyuruh para peserta untuk menutup mata dan mendengarkan pesan yang disampaikan oleh narasumber. Suasana yang tercipta saat terapi dimulai sangat mengharukan. Pesan-pesan yang disampaikan oleh narasumber sangat berkesan sehingga membuat para peserta menangis karena terharu. Pesan yang disampaikan oleh narasumber antara lain pesan yang mengingatkan kita kepada orang tua yang sudah melahirkan kita. Mereka selama ini bekerja dengan keras dan berusaha untuk menghidupi kami semua dan menginginkan kesuksesan kami nantinya. Pesan untuk selalu menghargai dan menghormati orang tua. Mengingat kerja keras mereka selama ini sehingga kami dapat bersekolah dengan baik dan lancar. Selain itu diberikan juga pesan-pesan tentang masa depan yang akan kami ambil dan selalu bersemangat untuk meraih cita-cita kami. Banyak pesan yang disampaikan oleh narasumber yang sangat berguna bagi kami para peserta. Dari pesan-pesan yang disampaikan oleh narasumber, kami jadi lebih bisa menghargai hidup dan selalu bersemangat untuk menggapai cita-cita kami. Setelah mengikuti workshop Move on Mindset kami banyak mendapatkan pembelajaran yang sangat berguna untuk menjalani hidup. Setelah sesi kedua selesai, dilanjutkan dengan penutupan, yaitu berupa foto bersama antara peserta dan narasumber.